Tips Memperkokoh Suatu Hubungan

Posted: December 5, 2010 in All About Love and Life

Tips Memperkokoh Hubungan

1. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri
Ini pilihan terpenting yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki hubungan. Anda belajar bagaimana bertanggung jawab atas kebutuhan dan perasaan diri sendiri, bukan menuntut pasangan untuk membahagiakan dan membuat rasa aman terhadap diri Anda.

2. Kebaikan hati, simpati, dan dukungan
Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Ini inti dari kehidupan spiritual yang mendalam. Semua orang ingin diperlakukan dengan penuh kasih, baik, dimengerti, dan didukung. Kita perlu memperlakukan pasangan serta orang lain dengan cara ini.
Suatu hubungan berkembang dengan baik bila masing-masing pihak memperlakukan pasangannya dengan baik. Pada umumnya, perlakuan baik seseorang terhadap orang lain akan dibalas dengan perlakuan yang baik juga. Tapi ingat, kebaikan kepada orang lain tidak berarti harus mengorbankan diri sendiri. Perlu disadari, bertanggung jawab terhadap diri sendiri merupakan sikap yang paling penting yang harus dilakukan, bukan menyalahkan orang lain.
Bila Anda bersikap baik terhadap diri sendiri dan pada pasangan tetapi pasangan marah dan tidak peduli pada Anda, maka pilihan Anda adalah menerima hubungan yang demikian atau meninggalkan hubungan tersebut. Anda tidak dapat mengubah pasangan kecuali diri Anda yang berubah.

3. Belajar untuk tak menguasai
Bila terjadi konflik, ada dua pilihan untuk menguasainya: membuka diri dengan bersedia belajar tentang diri Anda berdua dan menemukan masalah yang lebih dalam dari konflik yang terjadi. Pilihan kedua, mencoba menang (atau paling tidak tak kalah) melalui beberapa bentuk prilaku memperlihatkan kekuasaan.
Banyak orang merasa perlu mengendalikan orang lain. Semua cara yang kita coba untuk mengendalikan orang lain justru akan menciptakan lebih banyak konflik. Kita harus sadar, cara ini bukan merupakan cara yang baik dalam membina dan memperbaiki suatu hubungan. Justru dengan belajar mengendalikan diri sendiri, kita akan dapat memperbaiki hubungan.

4. Luangkan waktu untuk berdua
Saat pertama kali jatuh cinta, orang akan selalu menyediakan waktu untuk pasangannya. Sesudah menikah, masing-masing sibuk dengan urusannya. Hubungan jadi terancam. Kedua pihak seharusnya menyadari, sangat penting untuk menyediakan waktu bagi pasangannya untuk mengobrol, bermain dan berhubungan intim. Kedekatan tidak dapat dipertahnkan tanpa usaha dari kedua belah pihak.

5. Bersyukur bukan mengeluh
Rasa bersyukur akan mengalirkan energi positif ke masing-masing pasangannya bila keduanya memiliki perasaan bersukur. Mengeluh terus-menerus menciptakan energi negatif yang menimbulkan suasana tidak nyaman. Mengeluh menciptakan stres, sementara bersyukur menciptakan kedamaian.Terutama kedamaian di dalam diri. Oleh karena itu, bersyukur menciptakan tidak hanya hubungan dan emosi yang sehat, tetapi juga fisik yang sehat.

6. Humor
Kita semua tahu, bekerja terlalu serius membuat orang jenuh. Bekerja tanpa bercanda menimbulkan hubungan yang membosankan. Hubungan berkembang bila kedua pasangan bisa tertawa bersama, bercanda bersama, dan humor menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
Hentikan sikap yang terlalu serius dan coba belajar melihat kehidupan dari sisi yang lucu. Kedekatan berkembang bila diselingi dengan hal-hal yang ringan dan kedekatan tidak dapat tercipta bila segala sesuatu dipandang dari sisi yang berat serta sulit.

7. Melayani
Cara yang hebat untuk menciptakan kedekatan adalah dengan saling melayani. Saling memberi dan mengisi, akan memberikan kepuasan yang mendalam di dalam jiwa. Sikap melayani membuat Anda untuk tidak egois dan membawa keluar dari masalah yang dialami,serta lebih memberikan ukungan spiritual dalam kehidupan.

Percayalah, jika Anda dan pasangan setuju dengan ketujuh pilihan di atas dan bersedia mempraktikkannya Anda berdua akan kagum melihat perbaikan yang terjadi di dalam hubungan Anda berdua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s